Pendakian Gunung Guntur : Dari sini aku belajar

12.46



Assalamu'alaikum bro, balik lagi nih bersama gue traveller ganteng, ganteng ?? emang iya sih tsaahhhh hahaha, gue pengen share nih perjalanan pertama gue wehhh mantap tepuk  tangan dong *prok prok prok, jadi perjalanan pertama gue itu ke ???? taraaaaa Gunug Guntur.
Gunung Guntur di lihat dari desa cipanas



Tuh udah liat kan penampakannya hehe, cerita dikit nih gunung ini memiliki ketinggia sekitar 2249 meter di atas permukaan laut, biasanya pendaki yang udah pernah ke sini memberi julukan Rinjaninya Garut, penduduk sekitar menyebutnya demikian, kok rinjani garut sih ? ya iya katanya sih selain gunungnya gundul treknya juga mirp mirip dikit bedanya ya cuma ketinggiannya aja, okeh waktu pendakian ke gunung ini ane ikut pendakian masal, tapi ane berangkatnya bareng temen temen ane nih, yang lebih spesialnya lagi ane naik bareng temen temen SD, ngga pernah kebayang sebelumnya bakal naik bareng kawan SD hehe, kawan SD gue ada 3 orang dan 2nya lagi itu temennya temen gue apasihh haha, jadi jumlah anggota pendakian itu 6 orang termasuk ane, nama personilnya sendiri itu , Ary (dia cewe), Rendi, Ridwan, Hadi, Tio, nih penampakannya.





Hayooo tebak ane yang mana ??, yang paling ganteng pastinya hahay, dari sini persahabatan kita jadi semakin akrab juga cieee, berangkat di mulai dari bekasi hari jumat tanggal 18 April 2014 dari komplek rumah kawan ane ridwan pukul 15.30 menggunakan truck Angkatan TNI yang di sediakan panitia pendakian masal weh weh weh pertama kali juga ane ngerasain naik truck angkatan pokomya top deh, waktu tempuh perjalanan dari bekasi sampai garut kurang lebih 4,5 jam kebetulan lagi lancar truck pun mengantarkan kami hingga base camp pendakian guntur yaitu rumah Ibu RW hehe, kok ibu RW ? lha iya emang rumah terakhir di gunung guntur ya rumah beliau, kita sampai di sana kira - kira pukul 20.00 WIB, alhasil sesudah sampai di sana yang kami lakukan yaitu beristirahat sambil bercemgkrama dengan anggota pendaki lain,
pendakian di lakukan esok harimya yaitu hari sabtu tanggal 19 April 2014 pukul 7.00 pagi, anggota penmas sendiri mencapai 36 orang.

Foto saat memulai perjalanan




Foto di atas yaitu perjalanan yang baru di mulai dari kediaman ibu RW pukul 7 pagi terihat para anggota pendaki tampak ceria,. Hal yang terbesit di benak saya saat baru memulai pendakian di gunung ini yaitu " ahhh gunungnya pendek banget gampang lah" pelajaran pertama sebelum mendaki gunung jangan pernah liat tinggi atau rendahnya gunung rasakan dulu trek pendakiannya hehe, baru 30 melakukan pendakian walahhh dengkul udah pada gemeteran hahaha ini di sebabkan oleh trek yang lumayan berat weleh weleh nge-les aja, wajar saja trek yang di hadapi di gunung ini yaitu pasir, krikil dan juga menanjak ini sangat menguras tenaga, 
pendakian sudah berlalu 1 jam lebih 30 menit akhirnya kami semua tiba di mata air dari air terjun ci tiis yang terdapat di lereng gunung guntur.

Gambar mata air yang mengalair dari curug ci tiis

 Setibanya di sana kami semua melepas lelah meskipun ada sebagaian dari anggota penmas yang sudah berada di depan kami dan telah melakukan pendakian kembali. setelah singgah sejenak kami melanjutkan pendakian dengan tujuan ke puncak bayangan gunung guntur, Perkiraan waktu kita akan tiba di sana pukul 2 siang ternyata semua meleset pendakian yang haruanya dilakukan hanya 6 jam ngaret menjadi 8/9 jam di karenakan kebanyakan ngaso/ istirahat hehehhe.

'
Foto sohib ane yang lagi ngaso di jalur pendakian

Foto Rdwan dan Hadi yang sedang mengahadapi keganasan trek pendakian

Dari 2 foto di atas terlihat kawan kawan ane kebanyakan istirahat karena jaur pendakian menuju puncak banyangan yang begitu terjal dan juga di penuhi pasir yang membuat sulit langkah pendakian,tapi tekad mereka 1000 kali lebih kuat dari baja halahhh.
Akhirnya setelah 8 jam menghadapi trek pendakian berpasir kami tiba di puncak bayangan gunung guntur dan langsung mendirikan tenda umtuk lahan kami beristirahat. 

Wajah wajah lelah usai menghadapi trek pendakian

Foto sohib ane yang paling makan tempat di dalem tenda hihi

Ketika tenda sudah berdiri hal yang paling lumrah atau tidak asing lagi di kalangan pendaki yaitu bobo lucu hehe, ada yang tidur maupun memasak untuk kebutuhan perut. saya sendiri terlelap kira - kira pukul 21.00, dan perjalanan akan di lanjutkan kembali meunju puncak utama dari gunung guntur untuk mendapatkan sunrise yaitu pukul 5 pagi, untuk informasi waktu tempuh dari pucak bayangan ke puncak utama hanya memakan waktu 30 menit artinya ngga jauh dong.

 Akhirnya mentari pagi pun menyapa saya terbangun kira - kira pukul 4.30 pagi saatnya bersiap untuk menuju puncak utama gunung guntur.

Sunrise di Gunung Guntur

Sunrise di Gunung Guntur


Sunrise di Gunung Guntur


Sunrise di Gunung Guntur


Sunrise di Gunung Guntur

Akhirnya kami tiba di puncak utama gunung guntur, wohooooooooo alangkah bahagia dan takjub melihat pemandangan yang belum pernah ane lihat sebelumnya yaitu perfect sunrise dari gunung guntur, tak henti hentinya ane berterima kasih kepada Sang Pencipta Alam Semesta bahwa sudah di berikan kesempatan untuk menikmati ciptaan-Nya yang luar biasa.

Sesudah menikmati pemandangan sunrise kami semua turun dari puncak utama untuk melakukan sarapan pagi sebelum melakukan perjalanan turun ke basecamp ibu RW, kami turun sekitar pukul 10 pagi, dan tiba di base camp ibu RW sekitar pukul 4 sore. 

Perjalanan kami saat mendaki maupun menuruni gunung di terpa hujan, oleh karena itu kalo ente mau naik gunung jangan lupa jas hujan ya, karena cuaca di gunung memang sulit di prediksi. Akhirnya kami meninggalkan basecamp ibu RW sekitar pukul 6 sore, dan tiba di bekasi kira kira pukul 11.30 malam, ahhhh perjalanan yang sangat melelahkan.

Dari gunung ini ane belajar tentang kerja sama, bahu membahu, arti kebersamaan, dan juga menjaga kebersihan lingkungan bro, naik gunung jangan sekedar naik gunung aja bro, harus belajar juga oke ? oke dong.

Nah segitu aja yang bisa ane share buat kalian semoga kalian terinspirasi untuk melakukan perjalanan kesana. sampai jumpa, Wassalam.












































You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images